Halaman

Roberto Ayala


Pemain Sepak Bola Argentina

Roberto Fabián Ayala (lahir di Paraná, 14 April 1973), dijuluki el Ratón (dalam bahasa Indonesia: "Tikus"), adalah mantan pesepak bola Argentina yang berposisi sebagai bek tengah.
Dianggap sebagai salah satu bek tengah terbaik dari generasinya, Ayala menjadi kapten tim nasional Argentina untuk lebih dari 63 pertandingan daripada siapa pun. Ia bermain di tiga Piala Dunia dan keseluruhan membuat 115 penampilan internasional. Roberto mewarisi julukan el Ratón dari pemain Argentina di Piala Dunia 1974, Rubén Ayala, meskipun mereka tidak bersaudara.
Dia melakukan debut untuk Argentina pada 16 November 1994, melawan Chili di bawah pelatih Daniel Passarella. Ayala bermain untuk Argentina di Olimpiade 1996, memenangkan medali perak. Ia bermain untuk Argentina di Piala Dunia 1998 dan merupakan anggota skuat yang tidak bermain dalam kompetisi 2002 karena cedera beberapa saat menit terakhir sebelum pertandingan pertama mereka melawan Nigeria. Dia kemudian dipilih sebagai pemain over-usia Argentina dan meraih medali emas di Olimpiade 2004. Ayala memainkan peran integral dalam skuat Argentina untuk Piala Dunia FIFA 2006 di Jerman. Ia bermain gemilang sepanjang turnamen, dan diangkat sebagai anggota Tim All Star.

Source Image, footballforums.net
-------------
Dalam perempat final melawan Jerman ia mencetak gol lewat sundulan yang memberi Argentina memimpin 1-0. Argentina kalah dalam adu penalti setelah pertandingan 1-1, dengan tendangan penalti Ayala yang diselamatkan oleh Jens Lehmann. Pada tanggal 30 Mei 2006, Dalam laga persahabatan melawan Angola, Ayala memainkan pertandingan ke-100 bagi tim nasional Argentina.

Source Image, azio.theoffside.com
--------------
Pada tanggal 17 Juli 2007, setelah bermain di final Copa América 2007 melawan Brasil, di mana ia mencetak gol bunuh diri, Ayala mengumumkan pengunduran dirinya dari sepakbola internasional. Ayala menyatakan, "itu tidak ada hubungannya dengan apa yang terjadi di final dari Copa America." Javier Zanetti mengambil alih dari dia sebagai kapten.